Mobil zaman sekarang gak berkualitas?

Banyak anggapan yang beredar di masyarakat bahwa mobil baru yang sekarang dipasarkan lebih ringkih atau mudah rusak dibanding mobil zaman dulu. Anggapan ini tidak salah, karena dalam beberapa kasus tabrakan, mobil-mobil generasi terbaru mudah hancur terutama di bagian depan.

Namun ternyata, ada tujuan positif yang tidak banyak diketahui orang. Presiden Direktur PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) Mukiat Sutikno menjelaskan bahwa bagian depan mobil-mobil generasi terbaru sengaja diciptakan lebih mudah hancur demi melindungi keselamatan pejalan kaki (pedestrian) ketika terjadi kecelakaan.

Material yang digunakan pun berbeda, zaman dulu mobil menggunakan baja sebagai bemper tetapi sekarang diganti dengan bahan plastik berkualitas tinggi.

Sementara itu, General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor, Dadi Hendriadi mengungkapkan adanya teknologi yang disebut crumple zone (zona benturan) di mobil-mobil keluaran terbaru.

Penggunaan teknologi crumple zone tidak hanya untuk melindungi pejalan kaki, tapi juga penumpang didalam kabin. Mudah “ringsek”nya mobil bertujuan agar kabin penumpang tidak ikut rusak, sehingga penumpang bisa selamat.
Pemikiran para produsen mobil zaman sekarang adalah “Mobilnya boleh hancur yang penting orangnya aman.” Penggunaan bahan non-baja sebagai bahan baku utama pembuatan body mobil-mobil terbaru juga bertujuan untuk membentuk mobil dengan konsep aerodinamis, mewah, dan elegan.

Sumber: “Kenapa mobil zaman now gampang ringsek jika tabrakan?”. Kompas.com

Herminato dan Gunardi. (2004). Perkembangan Bodi Kendaraan. Universitas Negeri Yogyakarta #kecelakaanmobil #mobilmudahrusak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *