Model Bisnis Rekening Virtual: Cashless is King!

Apakah kamu mempunyai kesulitan dalam melatih percakapan dalam bahasa Inggris? perusahaan bernama italki.com membantu kamu untuk menemukan guru atau rekan ngobrol dengan bahasa Inggris. Memang belum banyak mengenalnya di Indonesia namun situs ini bisa diakses dari negara mana saja. Dalam layanannya, kamu bisa memilih antara mau diajar oleh guru profesional yang memang lulusan guru dengan bukti sertifikasi yang dimiliki atau cukup diajar oleh orang yang memiliki kemampuan bahasa yang ingin dipelajari, tetapi mereka tidak memiliki sertifikat mengajar. Tentunya, pilihan ini akan berpengaruh terhadap biaya yang harus Anda bayarkan.

Hal yang unik dari perusahaan ini adalah mereka menawarkan model bisnis kredit. Setiap pengguna sebelum bisa menikmati layanan mereka, pengguna wajib membeli italki kredit yang merupakan sebuah deposit uang kepada mereka. Satu dolar dihargai mendapat 10 kredit ITC (italki credit). Satu sesi pengajaran dihargai berbeda-beda antara satu guru dengan guru lainnya. Semakin jam terbang tinggi dan semakin populer guru tersebut, biaya satu sesi akan lebih mahal. Misal, ketika pilih guru dengan biaya 100 ITC, sesungguhnya biaya yang dikenakan ke kita adalah 10 dolar per satu sesi. Satu sesi berdurasi satu jam atau ada satu sesi yang berdurasi hanya 30 menit. Pilihan-pilihan ini bisa anda tentukan sendiri tergantung kemauan anda. Waktu sesi pengajaran juga bisa dipilih yang sesuai dengan waktu luang anda. Ketika kredit sudah habis digunakan untuk membayar biaya sesi belajar, untuk melanjutkan belajar  anda harus isi ulang kredit kembali . Kredit ini tidak akan hangus dan bisa anda pakai kapan saja.

Model bisnis ini dapat dipakai untuk membuat pengguna loyal dan mendapatkan brand recognition secara lebih cepat. Hal itu dikarenakan untuk membayarnya saja memakai rekening virtual dari perusahaan kita sendiri. Tertarik untuk menggunakannya?

Artikel ini dikemas ulang dari buku Stratup Business Model milik Hendry E. Ramdhan (2016) halaman 77-78

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *