Hentikan Kebiasaan “Ngupil” Sekarang Juga!

Secara bidang kesehatan aktivitas mengupil tidak berbahaya. Kejadian ini menjadi berbahaya ketika terlalu sering dan terlalu keras. Tujuan kita “mengupil” pasti baik yaitu bermaksud dengan menghilangkan kotoran yang ada di dalam hidung dengan jari-jemari anda. Tanpa disadari anda melakukannya karena nyaman namun kebiasaan ini berbahaya jika terus dilakukan bagi kesehatan. Berikut ini ada dampak yang ditimbulkan akibat mengupil.

  • Infeksi Pada Hidung

Infeksi ini akan sering terjadi karena kamu sering mengupil dan mengoreknya dengan tangan. Ini disebabkan jari tangan yang masuk penuh bakteri dan tidak bersih berpindah ke bagian dalam hidung. Bagian dalam hidung atas yang paling rentan biasanya akan mengalami infeksi.

  • Menimbulkan Bisul di Hidung di Bagian Dalam

Tidak hanya itu, bakteri dan kuman penyakit ini dapat mempengaruhi dan menginfeksi bagian rambut hidung. Rambut hidung ini berfungsi untuk menyaring kotoran dari udara yang masuk ke hidung. Apabila bagian ini terganggu, maka hidung tidak lagi dapat dengan baik menyaring kotoran yang masuk melalui udara yang terhirup. Bakteri yang paling banyak ditemukan saat seseorang ngupil adalah Staphylococcus Aureus. Jenis bakteri ini dapat mengakibatkan timbulnya jerawat atau bisul di dalam lubang hidung Anda. Saat jerawat atau bisul terbentuk di dalam hidung, maka saluran napas akan tersumbat dan mempengaruhi sistem pernapasan Anda.

  • Berisiko Mengalami Mimisan

Mimisan atau keluarnya darah dari lubang hidung juga merupakan efek samping dari kebiasaan sering ngupil. Kondisi ini paling sering dan banyak terjadi pada anak-anak. Saat mengupil dengan jari, bisa saja kuku jari melukai bagian dalam hidung kemudian menyebabkan luka dan perdarahan. Hal tersebut akan memperbesar peluang untuk terjadinya infeksi di dalam lubang hidung.

  • Jorok dan Tidak Enak di Lihat

Kebiasaan sering ngupil adalah kebiasaan yang buruk. Tidak hanya karena berdampak pada fungsi serta bentuk hidung saja, tetapi juga secara keseluruhan kebiasaan ini akan menimbulkan banyak kuman dan bakteri penyakit. Anda mungkin tidak sadar telah ngupil, kemudian tidak membiasakan diri untuk mencuci tangan dan menggunakan tangan tersebut untuk melakukan kegiatan lainnya. Padahal, dalam lubang hidung terdapat banyak sekali bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan Anda mengalami penyakit infeksi. Selain karena jorok dan dapat menyebabkan penyakit infeksi, kebiasaan sering ngupil juga dianggap tidak sopan, apalagi melakukannya di depan umum. Bukan tidak mungkin Anda akan menjadi bahan omongan dan objek lelucon bagi orang-orang di sekitar Anda.

Artikel ini dikemas ulang dari “5 efek samping bagi kesehatan jika anda sering ngupil” milik hellosehat yang ditulis oleh Nimas Mita Etika dan sudah direview oleh dr. Tania Savitri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *